Minggu, 06 Oktober 2013

Permasalahan gizi masyarakat



PERMASALAHAN GIZI MASYARAKAT  (MATERI V&VI)
Penyebab: ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai, pola pengasuhan anak kurang memadai, pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai.
Pokok permasalahan di masyarakat: kurangnya pemberdayaan keluarga dan kurangnya pemanfaatan sumber daya manusia berkaitan dengan berbagai faktor langsung maupun tidak langsung.
Akar masalah gangguan gizi masyarakat: kurangnya pemberdayaan wanita, meningkatnya pengangguran, meningkatnya inflasi, meningkatnya kemiskinan karena krisis ekonomi, keresahan politik, keresahan sosial.


UNTUK MELANJUTKAN MATERI, SILAKAN KLIK DI SINI!

6 komentar:

  1. bu maaf saya ingin bertanya,,
    telah kita ketahui di mana sekarang banyak masyarakat yang kekurangan gizi,dan kekurangan ekonomi,bagai mana kita sebagai tenaga kesehatan masyarakat,dapat mengurangi kekurangan gizi tersebut dengan ekonomi yang sangat rendah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. T.ksh pertanyaannya. Memang suatu hal yang sulit bagi kita sebagai tenaga kesehatan untuk menyeiramakan kekurangan gizi dengan masalah ekonomi rendah. tetapi paling tidak, sebagai tenaga kesehatan kita dapat mengingatkaan masyarakat bahwa gizi baik bukan berarti harus mahal, tentu saja dengan bahasa yang baik, tidak menyakitkan hati, dan memang perlu kerja ekstra jika sudah terjadi kekurangan gizi dengan melaporkan kasus tersebut kepada badan/institusi yang tepat agar masyarakat miskin yang kurang gizi dapat terlayani dengan baik.

      Hapus
  2. Maaf saya ingin bertanya..
    Dari akar permasalahan gangguan gizi masyarakat diatas salah satunya pemberdayaan wanita. Yang dimaksud dari pemberdayaan wanita disini seperti apa ya bu? dan apakah bisa mengeluarkan dari permasalahan gizi masyarakat?

    karena sering kita dengar di media masa dan televisi terjadinya permasalahan gizi yang ada akibat dari kekurangan ekonomi, bahkan seorang ibu tega mengakhiri hidupnya dan hidup anaknya dengan bersama-sama meminum racun. jadi meskipun wanita telah dilatih dan diberdayakan kalau ekonominya tak kunjung berubah maka hal-hal yang tidak diinginkan akan terus terjadi. terimakasih bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. T.ksh pertanyaannya. Pemberdayaan wanita yang dimaksud di sini adalah mengmakiangkat peran ibu sebagai tiang negara, pendidik, dan pengasuh utama anak dalam keluarga. Memang tidak semudah/seindah teorinya. tenaga kesehatan dapat bekerjasama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi wanita mengadakan kegiatan dalam rangka peningkatan pemberdayaan wanita dalam keluarganya. Kemiskinan memang dapat melemahkan iman, sehingga iman yang kuat yang diperoleh dari kegiatan keagamaan, dan insyaAllah kasus bunuh diri karena kesulitan ekonomi tidak terjadi lagi. Tetapi memang usaha-usaha di atas tidak mudahdilakukan/tidak seindah teorinya.

      Hapus
  3. maaf sebelumnya bu, saya ingin bertanya. Apa hubungan keresahan politik dengan permasalahan gizi? kemudian apakah politik diindonesia sudah mempengaruhi status gizi dimasyarakat?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. T.ksh pertanyaannya. Saya yakin anda sudah tahu jawabannya! umumnya keresahan politik terjadi karena perbuatan yang dilakukan sekelompok orang/organisasi demi kepentingan golongannya sendiri. Maaf, mungkin bisa dengan segala cara sehingga rakyat yang jadi korbannya, stabilitas ekonomi dapat terpengaruh.Bisa berpengaruh terhadap distribusi pangan,dll. Tentang politik di Indonesia? Tolong anda sebagai mahasiswa analisa sendiri ya! Bagaimana keadaannya sekarang?

      Hapus