Promosi Kadarzi:
•
Upaya untuk meningkatkan kemampuan
keluarga melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat, agar
dapat mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggotanya.
•
Mengembangkan kegiatan yang bersumber
daya masyarakat sesuai sosial budaya setempat dan didukung oleh kebijakan publik
yang mendukung upaya KADARZI.
Strategi Promosi Kadarzi:
•
Gerakan
Pemberdayaan Masyarakat
•
Bina Suasana
•
Advokasi
Gerakan
Pemberdayaan Masyarakat
•
Proses pemberian informasi KADARZI secara terus menerus dan
berkesinambungan.
•
Proses membantu sasaran, agar sasaran
tersebut berubah dari tidak tahu menjadi tahu atau sadar gizi, dari tahu
menjadi mau dan dari mau menjadi
mampu melaksanakan perilaku sadar gizi.
•
Sasaran utama: individu, keluarga dan kelompok
masyarakat.
Bina
Suasana
•
Upaya menciptakan opini atau lingkungan
sosial yang mendorong individu, keluarga dan kelompok masyarakat untuk mau
melakukan perilaku KADARZI.
•
Mendukung proses pemberdayaaan masyarakat
dalam upaya mengajak para individu dan keluarga dalam penerapan perilaku sadar
gizi.
•
Pertemuan rutin dengan kelompok media
massa, studi banding, pertunjukan tradisional, pameran pembangunan.
Advokasi
•
Upaya atau proses yang strategis dan terencana untuk
mendapatkan komitmen dan dukungan dari pihak-pihak yang terkait (stakeholders).
•
Menghasilkan kebijakan yang mendukung
peningkatan penerapan KADARZI (Peraturan Daerah (PERDA), Surat Keputusan
Gubernur, Bupati/Walikota, Peraturan Desa dan lain sebagainya).
Kemitraan
•
Kerja sama yang formal antara individu,
kelompok-kelompok atau organisasi-organisasi untuk mencapai peningkatan
KADARZI.
•
Berlandaskan pada 3 prinsip dasar yaitu:
Kesetaraan, keterbukaan dan saling menguntungkan antarmitra.
UNTUK MELANJUTKAN MATERI, SILAKAN KLIK DI SINI!
UNTUK MELANJUTKAN MATERI, SILAKAN KLIK DI SINI!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar