Kamis, 24 April 2014

Promosi Kadarzi



Promosi Kadarzi:
         Upaya untuk meningkatkan kemampuan keluarga melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat, agar dapat mengenal, mencegah dan mengatasi masalah gizi setiap anggotanya.
         Mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat sesuai sosial budaya setempat dan didukung oleh kebijakan publik yang mendukung upaya KADARZI.

Strategi Promosi Kadarzi:
         Gerakan Pemberdayaan Masyarakat
         Bina Suasana
         Advokasi

Gerakan Pemberdayaan Masyarakat
         Proses pemberian informasi KADARZI secara terus menerus dan berkesinambungan.
         Proses membantu sasaran, agar sasaran tersebut berubah dari tidak tahu menjadi tahu atau sadar gizi, dari tahu menjadi mau dan dari mau menjadi mampu melaksanakan perilaku sadar gizi.
         Sasaran utama: individu, keluarga dan kelompok masyarakat.

Bina Suasana
         Upaya menciptakan opini atau lingkungan sosial yang mendorong individu, keluarga dan kelompok masyarakat untuk mau melakukan perilaku KADARZI.
         Mendukung proses pemberdayaaan masyarakat dalam upaya mengajak para individu dan keluarga dalam penerapan perilaku sadar gizi.
         Pertemuan rutin dengan kelompok media massa, studi banding, pertunjukan tradisional, pameran pembangunan.

Advokasi
         Upaya atau proses yang strategis dan terencana untuk mendapatkan komitmen dan dukungan dari pihak-pihak yang terkait (stakeholders).
         Menghasilkan kebijakan yang mendukung peningkatan penerapan KADARZI (Peraturan Daerah (PERDA), Surat Keputusan Gubernur, Bupati/Walikota, Peraturan Desa dan lain sebagainya).

Kemitraan
         Kerja sama yang formal antara individu, kelompok-kelompok atau organisasi-organisasi untuk mencapai peningkatan KADARZI.
         Berlandaskan pada 3 prinsip dasar yaitu: Kesetaraan, keterbukaan dan saling menguntungkan antarmitra.

UNTUK MELANJUTKAN MATERI, SILAKAN KLIK DI SINI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar