Kamis, 12 Desember 2013

Perubahan-perubahan yang terjadi pada lansia



PERUBAHAN-PERUBAHAN YANG TERJADI PADA LANSIA (MATERI IV)
A. Perubahan Fisik
Sel
 Jumlah berkurang, ukuran membesar, cairan tubuh menurun, cairan intraseluler menurun.
Sistem Kardiovaskuler
 Katup jantung menebal dan kaku, kemampuan memompa darah menurun (menurunnya kontraksi dan volume. elastisitas pembuluh darah menurun, serta meningkatnya resistensi pembuluh darah perifer sehingga tekanan darah meningkat.
Sistem Respirasi
 Otot-otot pernafasan kekuatannya menurun dan kaku,elastisitas paru menurun,kapasitas residu meningkat sehingga menarik. nafas lebih berat,alveoli melebar dan jumlahnya menurun, kemampuan batuk menurun,serta terjadi penyempitan pada bronchus.
Persyarafan
 Syaraf panca indra mangecil sehingga fungsinya menurun serta lambat dalam merespons dan waktu bereaksi khususnya yang berhubungan dengan stress. Berkurang atau hilangnya lapisan mielin akson, sehingga menyebabkan berkurangnya respons motorik dan refleks.
Sistem Muskoloskletal
Cairan tulang menurun sehingga mudah rapuh (osteoporosis), bungkuk (kifosis), persendian membesar dan menjadi kaku (atrofi otot), kram, tremor, tendon mengkerut, dan mengalami sklerosis.
Sistem Gastrointestinal
Esofagus melebar, asam lambung menurun, lapar menurun, dan peristaltik menurun sehingga daya absorbsi juga ikut menurun. Ukuran lambung mengecil serta fungsi organ aksesori menurun sehingga menyebabkan berkurangnya produksi hormon dan enzim pencernaan.
Sistem Genitourinaria
Ginjal mengecil, aliran darah ke ginjal menurun, penyaringan di glomerulus menurun, dan fungsi tubulus menurun sehingga kemampuan mengonsentrasi urine ikut menurun.
Vesika Urinaria
Otot-otot melemah, kapasitasnya menurun, dan retensi urine. Terjadi hipertrofi prostat pada 75% lansia.

Vagina
Selaput lendir mengering dan sekret menurun.
Sistem Pendengaran
Membran tympani atrofi sehingga terjadi gangguan pendengaran. Tulang-tulang pendengaran mengalami kekakuan.
Sistem Penglihatan
Respons terhadap sinar menurun, adaptasi terhadap gelap menurun, akomodasi menurun, lapang pandang menurun,dan katarak.
Sistem Endokrin
Produksi hormon menurun
Kulit
Keriput serta kulit kepala dan rambut menipis. Rambut dalam hidung dan telinga menebal. Elastisitas menurun, vaskularisasi menurun, rambut memutih (uban), Kelenjar krringat menurun, kuku keras dan rapuh, serta kuku kaki tumbuh berlebihan seperti tanduk.

B. Perubahan Psikis:
1.Short term memory
2.Frustasi
3.Kesepian
4.Takut kehilangan kebebasan
5.Takut menghadapi kematian
6.Perubahan keinginan
7.Depresi/kecemasan
Masalah Psikologis yang Sering dialami Lansia :
1. Keadaan fisik lemah dan tidak berdaya, sehingga harus bergantung dengan orang lain.
2. Status ekonominya sangat terancam, sehingga cukup beralasan untuk melakukan berbagai
    Perubahan besar dalam pola hidupnya.
3. Menentukan kondisi hidup yang sesuai dengan perubahan status ekonomi dan kondisi fisik.
4. Mencari teman baru untuk menggantikan  pasangan hidup yang telah lebih dahulu
    meninggal atau pergi jauh/ cacat.
5. Mengembangkan kegiatan baru untuk mengisi waktu luang yang semakin bertambah.
6. Belajar untuk memperlakukan anak yang sudah besar sebagai orang dewasa.
7. Mulai terlibat dalam kegiatan masyarakat yang secara khusus direncanakan untuk orang
    dewasa.
8. Mulai merasakan kebahagiaan dari kegiatan yang sesuai untuk lansia dan memiliki
    kemauan untuk mengganti kegiatan lama yang berat dengan yang lebih cocok.
SETELAH MENGIKUTI PERKULIAHAN INI, JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI PADA KOTAK KOMENTAR!
Menurut anda, apa yang  dimaksud  dengan Short term memory pada perubahan psikis lansia?

UNTUK MELANJUTKAN MATERI, SILAKAN KLIK DI SINI!

14 komentar:

  1. Short term memory merupakan bagian memori manusia yang mampu menyimpan informasi dalam jangka waktu yang pendek. Pada memori ini informasi yg diterima akan mudah hilang

    BalasHapus
  2. Short term memory adalah Kemampuan memori otak manusia untuk menyimpan informasi secara sementara

    BalasHapus
  3. Short term memory (daya ingat jangka pendek) yaitu informasi dapat diingat setelah beberapa menit memperhatikan dan menghafalnya, berfungsi menyimpan informasi untuk sementara waktu dalam jumlah yang terbatas. Seiring bertambahnya usia, kehilangan short term memory sering terjadi.

    BalasHapus
  4. Short-term memory adalah sebuah sistem di otak kita yang berfungsi untuk menyimpan sementara informasi dan memproses informasi yang diperlukan saat kita berpikir. Sebagai contoh, saat seseorang menyebutkan sejumlah bilangan secara acak kepada kita dengan kecepatan tertentu (misal 1 detik satu bilangan), dan selanjutnya kita diminta mengingat dan menyebutkan kembali bilangan-bilangan tersebut secara urut berdasarkan besar bilangan. Rata-rata kapasitas short-term memory untuk orang normal dewasa sebanyak 5 hingga 7 item.

    BalasHapus
  5. Short-term memory adalah:sistem penyimpanan yang terbatas dalamkapasitas dan durasi,hanya bisa menyimpan informasi dalam jumlah terbatas jika tidak diulang(rehears) informasi akan hilang dalam waktu 20-30 detik

    BalasHapus
  6. Short term memory adl sistem diotak manusia untuk menyimpan informasi sementara dlm kapsitas dan durasi yang terbatas

    BalasHapus
  7. Short term memory (memori jangka pendek)
    Merupakan tempat penyimpanan informasi yang memiliki kapasitas yang terbatas dan secara relatif berlangsung singkat. Memori ini memiliki kapasitas memori dan berdurasi pendek. menyimpan informasi untuk sementara waktu pada lansia,
    dan biasanya pada lansia kehilangan short term memory sering terjadi

    BalasHapus
  8. Short term memory sistem otak manusia yg mempunyai kemampuan menyimpan memory dalam jangka pendek,dan biasanya informasi yang diterima akan cepat hilang.

    BalasHapus
  9. Short term memory adalah suatu sistem di otak kita yang berfungsi menyimpan informasi dalam waktu yang singkat dan biasanya informasi tersebut cepat hilang atau bersifat sementara.

    BalasHapus
  10. Short term memory yaitu suatu proses penyimpanan memori sementara, artinya informasi yang disimpan hanya dipertahankan selama informasi tersebut masih dibutuhkan. Ingatan jangka pendek adalah tempat kita menyimpan ingatan yang baru saja kita pikirkan. Ingatan yang masuk dalam memori sensoris diteruskan kepada ingatan jangka pendek. Ingatan jangka pendek berlangsung sedikit lebih lama dari memori sensoris, selama anda menaruh perhatian pada sesuatu, anda dapat mengingatnya dalam ingatan jangka pendek. (dilupakan dalam 15 hingga 25 detik).

    BalasHapus
  11. Short term memory adalah suatu proses penyimpanan memori sementara yaitu ketika informasi itu dibutuhkan dan memori tersebut akan cepat hilang.

    BalasHapus
  12. Short term memory atau yang biasa disebut memory jangka pendek yaitu sebuah sistem di otak kita yang berfungsi untuk menyimpan sementara informasi dan memproses informasi yang diperlukan saat kita berpikir. Seiring bertambahnya usia, kehilangan short term memory sering terjadi pada lansia..

    BalasHapus
  13. Short term memory merupakan sistem otak manusia yang mampu menyimpan informasi dalam jangka waktu yang pendek. Pada memori ini informasi yg diterima akan mudah hilang atau bersifat sementara.

    BalasHapus
  14. Short term memory (memori jangka pendek)
    Merupakan tempat penyimpanan informasi yang memiliki kapasitas yang terbatas dan secara relatif berlangsung singkat. Memori ini memiliki kapasitas memori dan berdurasi pendek.
    Eti Hermawati
    Npm. 12410041.p

    BalasHapus