Senin, 22 Oktober 2018

GIZI MAKRO & GIZI MIKRO

SELAMAT DATANG PADA E-LEARNING ILMU GIZI (KELAS KONVERSI)
POKOK BAHASAN: GIZI MAKRO & GIZI MIKRO

SILAKAN MENGISI KEHADIRAN (NAMA & NPM) PADA KOTAK KOMENTAR!

IKUTI PERKULIAHAN SAMPAI SELESAI DAN JANGAN LUPA MENGISI JAWABAN PERTANYAAN DI SLIDE TERAKHIR!

MATERI DAPAT DILIHAT DI SINI!

32 komentar:

  1. Nama : Renita Sari
    NPM : 18410036P
    kelas : FKM,Konversi 2018/ 2019
    Hadir

    BalasHapus
  2. Nama : Evie karmila
    Nmp : 18410025p
    Kelas : FKM konversi 2018
    Hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut anda apa sajakah penyebab kekurangan gizi mikro dan makro dimasyarakat :

      Penyebab terjadinya kekurangan gizi mikro dan makro banyak factor , yakni :
      1. Penyebab gizi kurang secara langsung dapat dari makanan dan penyakit. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga dari berbagai penyakit. Oleh karena itu anak yang mendapatkan cukup asupan makanan tetapi sering mengalami sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian juga pada anak yang tidak memperoleh cukup asupan makanan, maka daya tahan tubuhnya menjadi lemah dan akan mudah terserang penyakit.
      2. Penyebab gizi kurang secara tidak langsung, ada tiga yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
      • Ketahanan pangan keluarga yang kurangmemadai, artinya keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik maupun mutu gizinya.
      • Pola pengasuhan anak kurang memadai, artinya keluarga dan masyarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara fisik mental dan social
      • Pelayanan kesehatan lingkungan kurang memadai, artinya system pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan
      Masalah kurang gizi makro utamanya disebabkan kekurangan asupan energy dan protein. Apabila terjadi pada wanita usia subur dan ibu hamil yang Kurang Energy kronis (KEK) adalah berat badan bayi yang baru lahir yang rendah (BBLR). Bila terjadi pada anak balita akan mengakibatkan maramus-kwashiorkor dan selanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah.. marasmus dan kwashiorkor dikenal dimasyarakat yaitu busung lapar.
      Masalah kurang gizi mikro yaitu kekurangan vitamin A, anemia gizi besi, dan gangguan akibat kurang yodium. Penyebab kurang zat besi adalah kurangnya daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sumber zat besi (asal hewani) dan pada wanita ditambah dengan kehilangan darah melalui haid atau persalinan.

      Hapus
  3. Nama : Fidia astuti
    Npm. : 18410028P
    Kelas. : Fkm konversi 2018/2019
    Hadir

    BalasHapus
  4. Nama : Monica Octalia
    NPM : 18410033P
    Kelas : FKM Konversi 2018
    Status : Hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah gizi pada hakikatnya adalah masalah kesehatan masyarakat, namun penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja.
      Secara umum masalah kekurangan gizi disebabkan oleh banyak faktor. Pada tahun 1988 UNICEF telah mengembangkan kerangka konsep makro dan mikro, sebagai salah satu strategi untuk menanggulangi masalah kurang gizi. penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat dibagi menjadi :

      1. Penyebab langsung
      Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit. Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.

      2. Penyebab tidak langsung
      Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
      Pola pengasuhan anak kurang memadai. Setiap keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik, mental dan sosial.
      Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistim pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan.

      Hapus
  5. Nama : Luci Andriani
    NPM : 18410032P
    Hadir

    BalasHapus
  6. Nama : Eko Kurniawan
    NPM : 18410024P
    Kelas. : konversi 2018/2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Eko Kurniawan
      NPM : 18410024P
      Kelas : konversi 2018/2019

      Secara umum permasalahan gizi makro dan mikro di masyarakat menurut UNICEF (1988) disebabkan oleh beberapa faktor, yang dapat dikategorikan menjadi penyebab langsung dan penyebab tidak langsung. Secara lebih rinci sebagai berikut :

      Penyebab langsung
      Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang.Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit.
      Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula padaanak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.

      B.Penyebab tidak langsung
      Ada 3 penyebab tidak langsung yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
      - Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai.
      Setiap keluargadiharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggotakeluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
      - Pola pengasuhan anak kurang memadai.
      Setiap keluarga dan mayarakatdiharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadapanak agar dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik, mental dan sosial.
      - Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistim pelayanankesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dansarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluargayang membutuhkan.

      Ketiga faktor tersebut berkaitan dengan tingkat pendidikan, pengetahuan danketrampilan keluarga. Makin tinggi tingkat pendidikan, pengetahuan danketrampilan, makin baik tingkat ketahanan pangan keluarga, makin baik polapengasuhan maka akan makin banyak keluarga yang memanfaatkan pelayanankesehatan.

      Hapus
  7. Nama : Siti Rahmawati
    NPM : 18410040P
    Kelas : konversi FKM 2018
    Hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya penyebab kekurangan gizi makro dan mikro dimasyarakat disebabkan oleh

      Kekurangan atau ketidak seimbangan asupan energi dan protein. Manisfestasi dari masalah gizi makro bila terjadipada wanita usia subur dan ibu hamil yabgvkurang energi Kronis(KEK) adalah berat badan bayi baru lahir akan rendah(BBLR) apabila terjadi pada anak balita akan mengakibatkan marasmus dan selanjutnya akan merasmic-kwashiorkor dan selanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah.
      Bila gizi buruk disertai tanda tanda klunis seperti sangat kurus, muka seperti tua, perut cekung,kulit keriput disebut maramus. Dan bila ada bengkak terutama pada kaki wajah membulat dan sembab disebut kwashiorkor yang terkenal dimasyarakat busung lapar.

      Gizi mikro adalah zat gizi dalam makanan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit. Jika seseorang kekurangan zat gizi mikro maka sistem metabolisme dalam tubuh dapat terganggu. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi mikro adalah mineral dan vitamin. Misalnya kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penurunan kecerdasan, defisiensi Fe menyebabkan anemia, defisiensi Iodium menyebabkan gondok, defisiensi vitamin B menyebabkan beri-beri, dan lain-lain. Adapun penyeban mikro khususnya kurangnya vitamin A, anemia gizi besi dan gangguan yodium, kurangnya daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sumber zat asal hewan dari pada wanita ditambah lagi dengan kehilangan darah melalui haid atau pada saat persalinan

      Hapus
  8. NAMA :IIN APRIANINGSIH
    NPM :18410029P
    KELAS:FKM KONVERSI 2018/2019
    hadir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut Anda apa sajakah penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat?
      Jawab:
      Sebelum menjawabnya terlebih dahulu kita ulas yang di maksud dengan gizi Makro adalah gizi yang diperoleh dalam jumlah banyak. Antar lain Karbohidrat 45-50%, Lemak 15-30%, Protein 16-20%. Gizi makro berfungsi sebagai sumber energi, mengatur metabolisme, membangun sel dan jaringan tubuh, etc.
      Sedangkan gizi Mikro yaitu gizi yang diperlukan dalam jumlah sedikit, seperti vitamin dan mineral. Fungsinya untuk mengatifkan fungsi enzim.
      Menurut saya terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
      1. Pendapatan Keluarga atau Faktor ekonomi
      Dengan tingkat pendapatan atau perekonomian yang di kategorikan rendah (miskin) akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat yang berdampak langsung dengan pemenuhan kebutuhan makan, dalam hal ini pemenuhan gizi. Secara otomatis akan berpengaruh dengan asupan gizi makro dan mikro.
      2. Tingkat Pendidikan
      Dengan tingkat pendidikan yang rendah akan berpengaruh dengan pengetahuan masyarakat tentang ilmu gizi, makanan yang baik untuk asupan gizi untuk pemenuhan gizi. Dengan pendidikan rendah atau kurangnya pengetahuan maka akan terkendala pada asupan gizi hingga masyarakat bisa kekurangan gizi. Sebagai contoh percaya mitos bahwa “makan ikan dapat menyebabkan cacingan”. Sehingga masyarakat menghindari makan ikan. Padahal faktanya ikan merupakan sumber protein yang besar. Ini akibat rendahnya tingkat pendidikan yang kurang pengetahuan.
      3. Ketersediaan Pangan
      Ketersediaan pangan juga mempengaruhi pemenuhan gizi. Masyarakat yang minim pangan atau jauhnya pemerataan pangan. Seperti daerah yang terisolasi juga berperan dalam pemenuhan gizi. Mereka kekurangan gizi makro maupun mikro karena kurangnya atau tidak tersedianya pangan untuk pemenuhan gizi tersebut.
      4. Informasi Kesehatan
      Dengan minimnya informasi kesehatan, baik berupa Media promosi Kesehatan ataupun petugas kesehatan berpengaruh pada status gizi suatu masyarakat. Dengan minimnya informasi kesehatan maka berdampak kurangnya informasi kesehatan untuk dapat memperbaiki perilaku sehat untuk bisa mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang. Sebagai contoh Diet, jika kurang informasi kesehatan dapat berdampak pada diet yang tidak sehat yang mengakibatkan kekuragan gizi mikro dan makro. Dengan kaya informasi kesehatan maka dapat menjalani diet yang sehat dan gizi yang seimbang.
      5. Keadaan tubuh orang tersebut
      Dengan keadaan yang kurang normal atau terganggunya metabolism tubuh akibat penyakit atau akibat lainnya dapat berpengaruh pada asuapan gizi oleh tubuh yang akan mengakibatkan kekurangan gizi makro dan mikro.

      Hapus
  9. Nama : Septa Riani
    NPM : 18410037P
    Hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebab kekurangan zat gizi makro dan mikro dalam masyarakat adalah :

      Masalah gizi adalah gangguan pada beberapa segi kesejahteraan perorangan dan atau masyarakat yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan akan zat gizi yang diperoleh dari makanan. Zat gizi merupakan zat kimia yang terdapat dalam bahan makanan yang diperlukan manusia untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan tubuhnya dimana zat gizi dapat dikelompokan menjadi zat gizi makro (karbohidrat, lemak dan protein) dan zat gizi mikro
      Penyebab gizi kurang secara langsung dapat dari makanan dan penyakit. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit.0leh karena itu anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian juga pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.
      Tinggi rendahnya tingkat pendidikan ibu erat kaitannya dengan tingkat pengertian terhadap makanan, diperkirakan bahwa makin meningkatnya pendidikan yang biasa dicapai seorang ibu maka semakin membantu meningkatkan kesadaran dan pengertian akan pentingnya penggunaan pangan yang beraneka ragam dalam hidangan sehari-hari yang memenuhi cukupan energi untuk anak. Karena di dalam masyarakat penanganan makanan masih didominasi oleh ibu.
      Pola pengasuhan anak kurang memadai, artinya keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara fisik, mental dan sosial.

      Masalah kurang gizi mikro yaitu kurang Vitamin A, Anemia Gizi Besi, dan Gangguan Akibat Kurang Yodium.
      Penyebab kekurangan zat besi adalah kurangnya daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sumber zat besi, terutama dengan ketersediaan biologik tinggi (asal hewan), dan pada perempuan ditambah dengan kehilangan darah melalui haid atau persalinan.

      Hapus
  10. Nama : Annisa Octarina
    NPM : 18410021P
    Fkm konversi 2018
    Hadir.

    gizi makro adalah masalah yang utamanya disebabkan kekurangan atau ketidakseimbangan asupan energi dan protein,sedangkan gizi mikro adalah masalah utamanya kurang Vitamin A, Anemia Gizi Besi, dan Gangguan Akibat Kurang Yodium.

    •Penyebab terjadinya masalah gizi makro dan mikro adalah :

    Penyebab langsung

    Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit. Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.

    Penyebab tidak langsung

    1. Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
    2. Pola pengasuhan anak kurang memadai. Setiap keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik, mental dan sosial.
    3. Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistim pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan.

    Ketiga faktor tersebut berkaitan dengan tingkat pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan keluarga. Makin tinggi tingkat pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan, makin baik tingkat ketahanan pangan keluarga, makin baik pola pengasuhan maka akan makin banyak keluarga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan.

    Kurangnya pemberdayaan keluarga dan kurangnya pemanfaatan sumber daya masyarakat berkaitan dengan berbagai faktor langsung maupun tidak langsung diprediksi sebagai pokok masalah di masyarakat. Sedangkan akar masalahnya berupa kurangnya pemberdayaan wanita dan keluarga serta kurangnya pemanfaatan sumber daya masyarakat terkait dengan meningkatnya pengangguran, inflasi dan kemiskinan. Keadaan tersebut telah memicu munculnya kasus-kasus gizi buruk akibat kemiskinan dan ketahanan pangan keluarga yang tidak memadai.

    BalasHapus
  11. Nama : Renita Sari
    NPM : 18410036P
    Kelas : FKM,Konversi 2018/2019

    Menurut saya penyebab kekurangan gizi makro dan gizi mikro pada masyarakat adalah :
    yang mana masalah gizi makro itu sendiri adalah masalah gizi yang utamanya disebabkan oleh kekurangan atau ketidakseimbangan asupan energi dan protein (gizi kurang).
    Masalah gizi kurang dapat disebabkan oleh :
    A. Penyebab langsung
    Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit. Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.
    B. Penyebab tidak langsung
    Ada 3 penyebab tidak langsung yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
    - Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
    - Pola pengasuhan anak kurang memadai. Setiap keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik, baik fisik, mental maupun sosial.
    - Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistem pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan.

    Zat gizi mikro adalah zat gizi dalam makanan yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil atau sedikit. Jika seseorang kekurangan zat gizi mikro maka sistem metabolisme dalam tubuh dapat terganggu. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi mikro adalah mineral dan vitamin. Misalnya kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penurunan kecerdasan, defisiensi Fe menyebabkan anemia, defisiensi Iodium menyebabkan gondok, defisiensi vitamin B menyebabkan beri-beri, dan lain-lain. Adapun penyebanya, yaitu:
    - Mineral
    Kekurangan mineral dlm tubuh disebabkan oleh kurangnya asupan buah dan sayur, kehilangan kadar mineral pada proses pencucian dan pemasakan, teroksidasinya krn penyimpanan tidak benar misalnya iodium disimpan di wadah bening dan atau berbahan kaleng di tempatnya terkena sinar matahari langsung sehingga kadar iodium dalam garam teroksidasi, adanya hambatan dari mineral dan atau zat lain misalnya interaksi iodium dgn tiosianat; interaksi Fe dgn teh; dll.
    - Vitamin
    Vitamin terbagi atas vitamin larut dlm lemak dan vitamin larut dlm air dmn sumber vitamin banyak terdapat dalam buah dan sayuran. Kekurangan vitamin ini terjadi karena kurangnya mengonsumsi buah dan sayur, tidak menggunakan lemak/minyak dlm pengolahan makanan sehingga vitamin larut lemak tidak dpt diserap oleh tubuh karena bentuk kimianya tidak terpecah menjadi bentuk yg dpt diserap tubuh. Misalnya vitamin A harus dipecah menjadi betakarotin dgn bantuan lemak/minyak agar dpt diserap oleh tubuh.

    BalasHapus
  12. NAMA : PUSPA SARI
    NPM : 18410035P
    hadir bu.

    Penyebab kurangnya gizi makro dan mikro di masyarakat dewasa ini;
    1. Diet yang berlebihan
    Sebenarnya diet merupakan kegiatan yang positif, khususnya bagi yang mengalami obesitas. Tetap perlu konsultasi dokter ahli gizi, sehingga cocok untuk tubuh kita.
    2. Mengkonsumsi minumam beralkohol
    Sehingga dapat mengganggu proses pencernaan dan mengganggu penyerapan nutrisi bagi tubuh.
    3. Kondisi ekonomi yang tidak tidak memadai
    Dan kondisi seperti ini memang menjadi faktor terpenting penyebab kekurangan gizi.
    4. Mengalami gangguan pencernaan
    Salah satu contohnya adalah anoreksia, sering kali memuntahkan kembali apa yang telah dimakan.
    5. Kekurangan yodium
    Kurangnya tubuh kita mengkonsumsi yodium dapat membuat tubuh kita rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah Gondok.
    6. Kekurangan karbohidrat
    Peran karbohidrat sendiri menyerap glukosa yang ada di karbohidrat, sehingga tubuh lebih memiliki tenaga.
    7. Kondisi gigi yang tidak bagus
    Menggangu fungsi pengunyahan, sehingga menjadi faktor kurang makan, dan menjadi berpengaruh terhadap kekurangan gizi.

    BalasHapus
  13. NAMA : LUCI ANDRIANI
    NPM : 18410032p

    Penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro dimasyarakat adalah :
    Secara umum di Indonesia terdapat dua masalah gizi utama yaitu kurang gizi makro dan kurang gizi mikro. Kurang gizi makro pada dasarnya merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan asupan energi dan protein. Masalah gizi makro adalah masalah gizi yang utamanya disebabkan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan asupan energi dan protein. Kekurangan zat gizi makro umumnya disertai dengan kekurangan zat gizi mikro.
    Masalah gizi dapat disebabkan oleh :
    A. Penyebab Langsung
    1. Faktor kecukupan makanan
    Ketidak cukupan makanan (zat gizi) berlangsung lama, maka
    persediaan/cadangan jaringan tubuh akan digunakan untuk memenuhi ketidak
    cukupan itu. Kemerosotan jaringan tersebut ditandai dengan penurunan berat
    badan, penurunan daya tahan tubuh (imunitas), akhirnya dapat menderita KEP.
    Sebaliknya gizi lebih akan memicu berbagai penyakit sperti diabetes militus,
    hipertensi, dan lain-lain.

    2. Faktor keadaan kesehatan
    Anak yang mendapat makanan yang cukup tetapi sering diserang diare atau
    demam, atau penyakit yang lain, akhirnya akan dapat menderita KEP. Dalam
    kenyataan (faktor makanan dan penyakit) secara bersama-sama merupakan
    penyebab KEP. Kekurangan asupan gizi pada anak dalam jangka waktu yang
    lama akan menimbulkan berbagai dampak, mulai gangguan struktur jaringan,
    kemerosotan dalam jumlah dan ukuran sel jaringan tubuh, gangguan fungsi
    sistem tubuh dan mengganggu pada metabolisme serta penyerapan makanan dan
    akhirnya menimbulkan berbagai gejala penyakit.

    B. Penyebab Tidak Langsung
    1. Ekonomi
    Masalah ekonomi yang rendah merupakan salah satu faktor yang sangat dominan
    dialami oleh banyak keluarga. Dalam mencukupi kebutuhan gizi anak banyak
    orangtua yang merasa kesulitan, penyebabnya adalah keadaan ekonomi yang
    lemah, penghasilan dari pekerjaan kurang mencukupi dan harga dari bahan
    makanan yang mahal. Padahal, masa kritis gizi buruk yang dialami anak terjadi
    pada usia antara 1 sampai 3 tahun.

    2. Pola pengasuhan anak
    Adalah kemampuan keluarga dan masyarakat untuk menyediakan waktu,
    perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang sebaik-
    baiknya secara fisik, mental dan sosial.

    3. Pendidikan
    Merupakan salah satu pokok masalah terjadinya KEP, dengan pendidikan yang
    kurang memadai akan mempengaruhi kualitas pengasuhan anak, pemenuhan
    persediaan pangan dan sanitasi lingkungan sebagai penyebab tidak langsung
    terjadinya KEP.


    4. Perilaku Orangtua
    Banyak dari orangtua yang beranggapan bahwa dirinya adalah yang paling tahu,
    sebenarnya mereka masih memerlukan bantuan bimbingan dari para ahli gizi dan
    medis untuk mengatasi permasalahan kesehatan dan gizi yang dialaminya.

    BalasHapus
  14. Nama : Fidia Astuti
    Npm. : 18410028p
    Menurut saya penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat adalah
    1. Kurangnya asupan gizi makro yang terjadi di masyarakat karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi karbohidrat, lemak dan protein yang cukup dipengaruhi oleh
    ~ faktor ekonomi bisa mempengaruhi daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi karbohidrat, lemak protein yang cukup sehingga masyarakat mudah terkena busung lapar akut akibat kurangnya mengkonsumsi gizi makro
    ~ketersediaan pangan tingkat rumah tangga
    ~kondisi dalam penyediaan air bersih
    ~pelayanan kesehatan yang tidak memadai
    2.masalah gizi mikro adalah kurangnya asupan jumlah vitamin dan mineral dalam tubuh yang sangat penting dalam pembentukan hormon, beberapa contoh ketidak seimbangan vitamin dan meneral dalam tubuh yaitu
    ~penggunaan suhu yang terlalu panas dalam pengolahan makanan
    ~waktu memasak tetlalu lama
    ~penggunaan air yg berlebihan
    ~kurangnya zat besi dalam tubuh

    BalasHapus
  15. Nama : Ika Onistia
    NPM : 18410030P
    Hadir

    Penyebab terjadinya kekurangan gizi mikro dan makro banyak factor , yakni :
    1. Penyebab gizi kurang secara langsung dapat dari makanan dan penyakit. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetati juga dari berbagai penyakit. Oleh karena itu anak yang mendapatkan cukup asupan makanan tetapi sering mengalami sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian juga pada anak yang tidak memperoleh cukup asupan makanan, maka daya tahan tubuhnya menjadi lemah dan akan mudah terserang penyakit.
    2. Penyebab gizi kurang secara tidak langsung, ada tiga yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
    • Ketahanan pangan keluarga yang kurangmemadai, artinya keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik maupun mutu gizinya.
    • Pola pengasuhan anak kurang memadai, artinya keluarga dan masyarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara fisik mental dan social
    • Pelayanan kesehatan lingkungan kurang memadai, artinya system pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan
    Masalah kurang gizi makro utamanya disebabkan kekurangan asupan energy dan protein. Apabila terjadi pada wanita usia subur dan ibu hamil yang Kurang Energy kronis (KEK) adalah berat badan bayi yang baru lahir yang rendah (BBLR). Bila terjadi pada anak balita akan mengakibatkan maramus-kwashiorkor dan selanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah.. marasmus dan kwashiorkor dikenal dimasyarakat yaitu busung lapar.
    Masalah kurang gizi mikro yaitu kekurangan vitamin A, anemia gizi besi, dan gangguan akibat kurang yodium. Penyebab kurang zat besi adalah kurangnya daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sumber zat besi (asal hewani) dan pada wanita ditambah dengan kehilangan darah melalui haid atau persalinan.

    BalasHapus
  16. Nama : Ikke Asmawati
    NPM : 18410031P
    Hadir


    Secara umum masalah kekurangan gizi makro dan mikro (gizi kurang) disebabkan oleh dua faktor yaitu:
    1. Penyebab langsung
    Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit. Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.

    2. Penyebab tidak langsung
    Terdapat tiga penyebab tidak langsung yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
    a. Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
    b. Pola pengasuhan anak kurang memadai. Setiap keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik, mental dan sosial.
    c. Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistim pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan.
    Ketiga faktor tersebut berkaitan dengan tingkat pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan keluarga. Makin tinggi tingkat pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan, makin baik tingkat ketahanan pangan keluarga, makin baik pola pengasuhan maka akan makin banyak keluarga yang memanfaatkan pelayanan kesehatan.

    BalasHapus
  17. Nani Aidatri
    NPM : 18410039.P
    FKM Konversi 20018/20019

    BalasHapus
  18. Penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat adalah :
    - Penyebab gizi kurang secara langsung dapat dari makanan dan penyakit. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit.0leh karena itu anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian juga pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.
    - Penyebab gizi kurang yang tidak langsung ada tiga yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
    1. Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai, artinya keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
    2. Pola pengasuhan anak kurang memadai, artinya keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara fisik, mental dan sosial.
    3. Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai, artinya Sistim pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan.
    Masalah kurang gizi makro utamanya disebabkan kekurangan asupan energi dan protein. Apabila terjadi pada wanita usia subur dan ibu hamil yang Kurang Energi Kronis (KEK) adalah berat badan bayi baru lahir yang rendah (BBLR). Bila terjadi pada anak balita akan mengakibatkan marasmus, kwashiorkor atau marasmic-kwashiorkor dan selanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah. Marasmus dan Kwashiorkor atau Marasmus Kwashiorkor dikenal di masyarakat sebagai “busung lapar”.
    Masalah kurang gizi mikro yaitu kurang Vitamin A, Anemia Gizi Besi, dan Gangguan Akibat Kurang Yodium.

    BalasHapus
  19. Nama: Wandra Yudha
    NPm: 18410038P...



    1.masalah gizi makro adalah kurangnya asupan jumlah vitamin mineral dalam tubuh yang sangat penting dalam pembentukan hormon,contoh tidak seimbang vitamin.
    Penggunaan suhu yang terlalu panas dan pengolahan makanan.
    *Waktu memasak terlalu lama.
    *Penggunaan air yang berlebihan
    *Kurangnya zat besi dalam tubuh.
    2.kurangnya gizi mikro yang terjadi dimasyarakat karena kurangnya kesadaran masyaraka.
    - faktor ekonomi mempengaruhi daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi karbohidrat.
    - kurangnya gizi mikro.
    * Ketersediaan pangan tingkat rumah tangga
    *Kondisi dalam penyediaan air bersih
    *Pelayanan kesehatan yang tidak memadai..

    Masalah gizi dapat dijelaskan dengan poin poin sbb.


    1.penyebab langsung
    *Faktor kecukupan makanan.
    *Faktor keadaan kesehatan

    2.penyebab tidak langsung:
    *Ekonomi
    *Pola mengasuhi anak
    *Pendidikan
    *Perilaku orang tua.

    BalasHapus
  20. Nama : Evita Martha Putri
    NPM : 18410026P

    Penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat
    a. Penyebab langsung :
    - Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit. masyarakat yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula pada masyarakat yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.
    b. penyebab tidak langsung
    yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
    - Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan
    mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam
    jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
    - Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistem pelayanan
    kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana
    pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang
    membutuhkan.

    BalasHapus
  21. Nama : Fadlillah ahmad
    NPM : 18410027P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah gizi pada hakikatnya adalah masalah kesehatan masyarakat, namun penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja.
      Secara umum masalah kekurangan gizi disebabkan oleh banyak faktor. Pada tahun 1988 UNICEF telah mengembangkan kerangka konsep makro dan mikro, sebagai salah satu strategi untuk menanggulangi masalah kurang gizi. penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat dibagi menjadi :

      1. Penyebab langsung
      Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit. Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.

      2. Penyebab tidak langsung
      Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
      Pola pengasuhan anak kurang memadai. Setiap keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik, mental dan sosial.
      Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistim pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan.

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Nama : Nur Maya Sari
    NPM : 18410034P
    Kelas : Konversi FKM smstr v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut anda apa sajakah penyebab kekurangan gizi mikro dan makro dimasyarakat :

      Penyebab terjadinya kekurangan gizi mikro dan makro banyak factor , yakni :
      1. Penyebab gizi kurang secara langsung dapat dari makanan dan penyakit. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga dari berbagai penyakit. Oleh karena itu anak yang mendapatkan cukup asupan makanan tetapi sering mengalami sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian juga pada anak yang tidak memperoleh cukup asupan makanan, maka daya tahan tubuhnya menjadi lemah dan akan mudah terserang penyakit.
      2. Penyebab gizi kurang secara tidak langsung, ada tiga yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
      • Ketahanan pangan keluarga yang kurangmemadai, artinya keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik maupun mutu gizinya.
      • Pola pengasuhan anak kurang memadai, artinya keluarga dan masyarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara fisik mental dan social
      • Pelayanan kesehatan lingkungan kurang memadai, artinya system pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan
      Masalah kurang gizi makro utamanya disebabkan kekurangan asupan energy dan protein. Apabila terjadi pada wanita usia subur dan ibu hamil yang Kurang Energy kronis (KEK) adalah berat badan bayi yang baru lahir yang rendah (BBLR). Bila terjadi pada anak balita akan mengakibatkan maramus-kwashiorkor dan selanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah.. marasmus dan kwashiorkor dikenal dimasyarakat yaitu busung lapar.
      Masalah kurang gizi mikro yaitu kekurangan vitamin A, anemia gizi besi, dan gangguan akibat kurang yodium. Penyebab kurang zat besi adalah kurangnya daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sumber zat besi (asal hewani) dan pada wanita ditambah dengan kehilangan darah melalui haid atau persalinan.

      Hapus