Rabu, 13 Desember 2017

PERANAN MIKROBA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA


SELAMAT DATANG PADA E-LEARNING MATA KULIAH MIKROBIOLOGI DAN PARASITOLOGI (MAHASISWA REGULER SEMESTER I FKM UNMAL)

POKOK BAHASAN: PERANAN MIKROBA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

SILAKAN MENGISI KEHADIRAN DAN NPM PADA KOTAK KOMENTAR!
JANGAN LUPA MENJAWAB PERTANYAAN YANG ADA PADA SLIDE TERAKHIR PERKULIAHAN!!!

MATERI PERKULIAHAN DAPAT DILIHAT DI SINI

36 komentar:

  1. Nama:Astrid Eka Maylandaru
    Npm :17410005
    Hadir

    Menurut saya aplikasi sarjana masyarkat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengetahui lebih dalam tentang penyakit,penyebarannya,mengevaluasi pengobatan serta memberikan pengobatan seperti pemberian antibiotik

    BalasHapus
  2. Farida Mukhlisah
    17410016

    Jawaban saya :
    Aplikasi sebagai sarjana Kesehatan Masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba adalah dengan cara memberikan edukasi dan memberi informasi kepada masyarakat mengenai peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari, baik itu peranan yang menguntungkan maupun peranan mikroba yang merugikan. Hal tersebut akan sangat membantu masyarakat dalam menyikapi mikroba itu sendiri supaya tidak terjadi ketakutan berlebih pada mikroba atau adanya sikap kurang peduli terhadap dampak negatif dari mikroba.

    BalasHapus
  3. Nama :ELSA NOVERA
    NPM :17410014

    Ahli kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari adalah memberi informasi kepada masyarakat terutama orang tua karna benda-benda yang ada disekitar tak luput dari debu, sedangkan debu banyak mengandung mikroba. Apalagi pada mainan anak-anak,dan ahli kesmas harus memberitahu dan mengajarkan untuk slalu membersihkan benda-benda yang ada di rumah dan mencuci tangan sebelum makan dan tidur.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nabila Ferisa
    17410024

    Aplikasi peranan mikroba terhadap sarjana kesehatan masyarakat:
    1.sebagai sarjana kesehatan masyarakat harus mengetahui terlebih dahulu mikroba yg menguntungkan dan merugikan bagi masyarakat.
    2.harus mengetahui secara pasti bagaimana mikroba sebagai penyebab penyakit.
    3.mengembangkan berbagai metode untuk mencegah dan mengatasi mikroba tersebut. Seperti halnya vaksin dan antibiotik.
    4.mengedukasi masyarakat terkait peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Maya Dwi Gustina
    17410021

    Jawaban saya :

    Peranan kesmas dalam menyikapi peranan mikroba menurut saya adalah yang pertama adalah mengetahui bagaimana cara kerja mikroba dalam suatu hal ( cth : obat-obatan)
    Dan yang paling penting , kita sbg kesmas, harus mengetahui antara mikroba yang menguntungkan dan merugikan. Dan kita juga harus memberikanedukasi terhadap masyarakat untuk menggunakan mikroba secara semestinya.

    BalasHapus
  8. Vera gunawan
    17410029

    Menurut saya, cara menyikapi peranan mikroba di dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengetahui berbagai mikroba yang menguntungkan dan merugikan terlebih dahulu, karena nya mikroba dapat mempegaruhi keseimbangan ekosistem. Apabila kita tidak dapat menyikapi mikroba dalam tubuh manusia maka akan menimbulkan penyakit seperti typus, tbc, dll. Namun, apabila kita dapat menyikapinya maka akan menyebabkan keuntungan dalam tubuh manusia seperti pembuatan antibiotik, vaksin, dan industri pangan dsb.
    Dengan melakukan sebuah promosi kesehatan maka masyarakat akan paham dan mengerti mengenai penyakit yang dapat disebabkan oleh mikroba. Dan mengadakan pembinaan bertahap pada masyarakat. Serta melakukan pengetahuan kepada masyarakat terutama pada masyarakat pedesaan.

    BalasHapus
  9. Nama:Cindy Risma Anggraini
    Npm: 17410006

    Sebagai ahli kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari hari yaitu dapat memberikan edukasi kepada masyarakat apa itu mikroba baik secara umum maupun mendetail seperti memanfaatkan peranan mikroba yang menguntungkan untuk membuat bahan pangan,pengendalian hama, dll.dan sebagai ahli kesehatan mikroba bisa dimanfaatkan untuk pembuatan antibiotik.

    BalasHapus
  10. DIANA HELEN CANTIKA
    17410010

    Sebagai sarjana kesmas harus mampu mengkaji dan mengembangkan peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari, seperti vaksinasi dan antibiotik, tetapi dari sisi lain mikroba daoat digunakan dalam minuman khamir yang merugikan tubuh.
    Jadi, seorang sarjana kesmas harus mampu menerapkan dan memberi wawasan tentang penggunaan mikroba yang baik dan benar kepada masyarakat.

    BalasHapus
  11. Nama: kinanti wulandari
    Npm : 17410020
    Ket: hadir
    Menurut Saya, sebaiknya aplikasi seorang sarjana kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari yaitu memberikan atau menyebarkan kepada masyarakat bahwa mikroba bukan kuman yang seperti orang ketahui pada umumnya. Mikroba tidak berbahaya apabila kita memahami kadar atau jenisnya. Mikroba memang dapat berbahaya Dan menjadi patogen namun peranan lain dalam kehidupan sehari-hari juga banyak Dan bervariasi serta bermanfaat Dan membantu sekali. Seperti penemuan antibiotic, pembuatan Tempe, roti, oncom dsb. Dan sebagai sarjana kesmas Ada baiknya jika kita yang langsung mengambil action dengan pengetahuan yang kita miliki seperti mengembangkan fungsi-fungsi mikroba dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  12. Nama : Nadia Nur Azizah
    NPM : 17410025

    jawaban saya :
    Aplikasi sebagai sarjana kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan mikroba itu sendiri. Masyarakat saat ini masih banyak yang belum mengetahui dampak yang ditimbulakan dari mikroba. Kita sebagai sarjana Kesehatan masyarakat tentunya ikut berpartisipasi dalam mengubah perilaku kesehatan di masyarakat agar adanya sikap kepedulian dalam menangani berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh mikroba. Masyarakat juga harus bisa mengetahui mana mikroba yang menguntungkan dan yang merugikan.Serta sebagai sarjana kesehatan masyarakat juga berperan penting dalam memberikan informasi kesehatan untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan mikroba serta penanganannya dalam memberikan pengobatan.

    BalasHapus
  13. PUTRI HASANAH
    17410026

    Aplikasi seorang sarjana kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan cara mengetahui lebih dalam lagi tentang mikroba lalu disampaikan kepada masyarakat tentang mikroba tersebut bahwa mikroba ada yang menguntungkan dan merugikan. Seperti didalam saluran pencernaan, mikroba membantu proses absorbsi makanan kedalam tubuh.

    BalasHapus
  14. Nama : Dhea Aumeya
    NPM : 17410009

    Aplikasi yg dilakukan seorang sarjana kesehatan masyarakat yaitu adalah dengan memberikan suatu pengenalan kepada masyarakat tentang apa itu mikroba, memberikan pemahaman mengenai peranan mikroba. Juga memberikan suatu pandangan kepada masyarakat tentang keuntungan dan kerugian dari mikroba. Selain itu peranan kesehatan masyarakat dalam hal ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengatasi mikroba

    BalasHapus
  15. Mina Aminah
    NPM 17410022

    Menurut saya aplikasi sarjana kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba yaitu perlu adanya penggalian ilmu tentang mikroba tersebut mulai dari manfaatnya apa, cara memanfaatkannya bagaimana sehingga kita bisa memberikan informasi tersebut kepada masyarakat agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi penggaguran juga
    Disamping manfaat yg kita dapat, kita perlu mengetahui juga kerugian yang di timbulkan agar tidak ada masyarakat yang salah mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  16. Anggi Dwi Saputri
    17410004

    Sikap sarjana kesmas dalam menyikapi peranan mikroba :
    Peran mikroorganisme sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Perannya dalam kehidupan sehari-hari, dapat dilihat secara nyata, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan. Lingkungan hidup mikroba salah satunya adalah tubuh manusia. Sadar atau tidak, banyak diantara miroorganisme yang mendapatkan nutrisi dari tubuh manusia,mikroba dimanfaatkan oleh manusia dalam keperluan seperti pangan, industri dan pertanian yang berkualitas dan tahan lama dan pengembangan teknik sterilisasi dan pengawet bahan pangan

    BalasHapus
  17. Nama : Damelia Java Oscar
    Npm : 17410007


    Menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari hari adalah kita sebagai orang kesmas harus tahu dulu peranan yang menguntungkan dan merugikan, dan penyakit yang akan timbul
    Karna masyarakat terkadang suka menganggap remeh penyakit tersebut. Dan kita juga menginformasikan kepada masyarakat tentang peranan mikroba itu sendri dan memberikan pengobatan

    BalasHapus
  18. YORIS PRILATAMA
    17410003

    Assalamualaikum wr. Wb

    ~ peran mikroba ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari terlebih pada dunia industri. Tetapi sifat mikroba juga ada yang tidak bermanfaat seperti mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

    : menurut saya pribada sarjana kesehatan masyarakat dapat mengaplikasikan peranan mikroba didalam dunia industri yang menguntungkan, akan tetapi sarjana kesehatan masyarakat tidak boleh berlebih mengaplikasikan mikroba yang sifatnya kurang bermanfaat, mikroba juga berperan sebagai pengurai sampah jadi sarjana kesehatan Masyarakat dapat mengaplikasikannya karena peran dari mikroba sebagai pengurai sampah salah satu tugas dari sarjana kesehatan masyarakat yang lebih mencegah penyakit. Terimakasih.

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Nama: Destiana Dwi Ramadhani
    NPM: 17410008
    Pengaplikasian seorang sarjana masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan cara memberikan penyuluhan untuk memberikan informasi tentang peranan mikroba kepada masyarakat untuk lebih mengetahui apa saja tentang peranan mikroba yang menguntungkan dan merugikan untuk kehidupan sehari-hari agar masyarakat tidak salah dalam penerapan tentang mikroba tersebut.

    BalasHapus
  21. Nama : zelda duwieka restu
    Nmp : 17410030
    Ket : hadir

    Aplikasi sarjana kesehatan masyarakat dalam peranan mikroba sangat pent8ng mulai dari pengembangan kegunaan mikroba dan mencegah kerugian mikroba
    Kegunaan seperti pengembangan produksi pangan ,industri,dan pertanian yang dibantu oleh mikroba dan penguraian bahan habis pakai seperti sampah untuk mencegah terjadinya penyakit
    Dapat di simpulkan kesehatan masyarakat lebih berperan sebagai mencegah dan pengembangan mikroba

    BalasHapus
  22. Fitriasanti
    17410017
    Sebagai sarjana kesshatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari hari yaitu mengedukasi masharakat agar dapat menjaga lkngkungan agar mencegah adanya penyakit dan juga sangat berperan bagi ibu2 yang mempunyai balita bahwa dengan pemberian vaksin untuk pertahanantubuhbalita,pengobatan dengan memberikan antibiotik,mikroba juga ada yang menguntungkan dan merugikan bagi tubuh manusia.

    BalasHapus
  23. Nama jupri
    Npm 17410002
    Hadir

    Jawaban saya

    Sebagai sarjana masyarakat,kita harus memahami ilmu mikroba tersebut,setelah itu sebagai ahli kesmas,kita harus terapkan kepada masyarakat agar menggunakan mikroba tersebut tidak berlebihan agar terhindar dari penyakit,dan kita terapkan mikroba yg bermampaat seperti kita mengajari masyarakat cara membuat tempe,tahu hingga ke tape,dengan cara yang benar

    BalasHapus
  24. Nama: Eka Nurjanah
    NPM: 17410013

    Menurut saya aplikasi sarjana Kesehatan Masyarakat dalam menyikapi peran mikroba dalam kehidupan sehari-hari yang paling utama adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis mikroba yang dapat menguntungkan dan yang merugikan. Sehingga sebagai tenaga kesehatan kita dapat dengan mudah mengendalikan berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan oleh mikroba yang merugikan. Dan kita juga dapat membuat jenis obat dengan mikoba seperti antibiotik, serta dapat membuat berbagai bahan pangan dengan memanfaatkan mikroba.

    BalasHapus
  25. DIMAS BINTANG WIJAYA
    17410012

    Pendapat saya peranan kesmas dalam menyikapi peranan mikroba, adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat, untuk menggunakan mikroba sebagaimana mestinya, dan juga kita sebagai kesmas harus mengetahui bahwa mikroba ada yg menguntungkan dan merugikan sehingga tidak ada kesalahan saat mengedukasi kepada masyarakat dan dapat diterapkan dengan benar.

    BalasHapus
  26. Nama:Hertiana Dwi Lestari
    Nmp:17410018
    Menurut saya:

    Peran sarjana kesehatan dalam mengaplikasikan peranan mikroba yaitu memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa mikroba bisa diaplikasikan dalam peran industri pangan dan lingkungan sekitar untuk meminimalisir penyakit dan bisa menghasilkan produk makanan yang sangat bergizi seperti tempe,oncom,kecap dan lain-lain
    Tetapi mikoba juga bisa merugikan apabila digunakan secara berlebihan seperti penggunaan alkohol yang digunakan secara berlebihan.

    BalasHapus
  27. Raida Listia
    17410027

    Menurut saya, cara menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan cara mengetahui macam-macam mikroba atau jenis-jenis mikroba yang menguntungkan atau merugikan, agar kita dapat informasikan kepada masyarakat agar mereka dapat mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh mikroba.

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum wr.. Wb
    Nama:Ilham Aldino
    Npm:17410019
    Ket:hadir


    Menurut saya, bagaimanakah aplikasi seorang sarjana kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari hari yaitu:

    Sebaiknya kita seorang sarjana kesehatan masyarakat memberikan pemahaman atau pengetahuan tentang mikroba secara keseluruhan, sehingga masyarakat tau bahwa manfaat mikroba itu banyak sekali seperti dalam hal pangan dan pertanian yakni pembuatan yoghurt, keju, kacang dll.dan masyarakat tidak beranggapan bahwa mikroba itu sendiri berbahaya

    BalasHapus
  29. Nama: Monica Kharisma Putri
    NPM: 17410023
    Ket: Hadir

    Menurut saya:
    Seorang sarjana kesmas memiliki andil dalam memberikan edukasi bagi masyarakat dalam hal ini tentang peranan mikroba. Tak hanya dari segi keuntungan, tetapi juga dari segi kerugiannya agar diharapkan masyarakat dapat lebih aktif dan cerdas dalam meyikapi peranan mikroba ditengah-tengah kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, seorang sarjana kesmas diharapkan mampu untuk terus memberikan penyuluhan bagi semua lapisan masyarakat, sehingga kedepannya masyarakat bisa tetap terus menjaga ekosistem mikroba yang menguntungkan, dan menyikapi dampak buruk dari mikroba yang merugikan .

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum wr.. Wb
    Nama:Ilham Aldino
    Npm:17410019
    Ket:hadir


    Menurut saya, bagaimanakah aplikasi seorang sarjana kesehatan masyarakat dalam menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari hari yaitu:

    Sebaiknya kita seorang sarjana kesehatan masyarakat memberikan pemahaman atau pengetahuan tentang mikroba secara keseluruhan, sehingga masyarakat tau bahwa manfaat mikroba itu banyak sekali seperti dalam hal pangan dan pertanian yakni pembuatan yoghurt, keju, kacang dll.dan masyarakat tidak beranggapan bahwa mikroba itu sendiri berbahaya

    BalasHapus
  31. Nama : Andi Romadoni
    NPM : 17410031

    Sebagai seorang sarjana kesehatan masyarakat kita dapat mengaplikasikan dengan cara memberikan wawasan tentang apa itu mikroba, dan juga peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga masyarakat tidak salah mengerti menganai mikroba. Selain itu juga peranan sarjana kesehatan masyarakat memberikan edukasi mengenai peranan mikroba dalam kehidupan sehari-hari dan juga mengenai dampak positif dan negatif mikroba.

    BalasHapus
  32. nama: era julia putri
    npm:17410015

    menurut saya cara menyikapi peranan mikroba dalam kehidupan sehari hari adalah, sebagai ahli kesehatan masyarakat kita harus tahu terlebih dahulu peranan mikroba dalam kehidupan sehari hari, tidak semua mikroba merugikan tetapi ada juga yang menguntungkan setelah kita mengetahui peranan mikroba tersebut kita dapat melakukan penyuluhan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peranan mikroba.Adapun contohnya dalam industri farmasi,dalam industri pangan, pembuatan tape, dan pembuatan tempe.Dan penyuluhan tersebut dapat dilakukan di desa desa terpencil yang awam akan masalah kesehatan.

    BalasHapus
  33. Dikky Darmawan
    17410011
    .
    Assalamualaikum. Wr.wb
    Bahwasannya peranan mikroba ini dapat di aplikasikan melalui peranan-peranan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara berpola kebiasaan hidup manusia yang semestinya dilakukan oleh kita.seorang sarjana kesehatan masyarakat harus memberi edukasi
    1. di mana masyarakat harus mengerti mikroba
    2. Bahwa mikroba tersebut ada di dalam tubuh manusia
    3.ada di ruang lingkup kehidupan kita
    Sebagai sarjana kesehatan masyarakat juga harus memberi wawasan dan menerapkan terhadap masyarakat dengan mengevaluasi dengan cara memberikan pengetahuan tentang mikroba tersebut supaya tidak menjadi ketakutan yang berlebih ,mikroba ini harus dikenalkan lebih dekat agar masyarakat mengerti, di dalam tubuh,di sekitar kita,baik untung maupun rugi karena mikroba tersebut melekat di diri manusia dan tidak jauh di ruang lingkup kesehatan masyarakat

    BalasHapus
  34. Nama : RIAN HIDAYAT
    NPM : 17410028
    Menurut saya, peran sarjana kesmas dalam menyikapi peranan mikroba di dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting karna mereka inilah yang memberikan wawasan serta cara penanggulangannya. Tanpa kita sadari di kehidupan sehari-hari kita berhubungan langsung dengan mikroba baik dengan makanan maupun lingkungan yang tidak baik. Mikroba ada yang menguntungkan dan ada pula yang merugikan. Contohnya
    Yang menguntungkan : menghasilkan antibiotic, dan membantu penguraian sampah.
    Yang merugikan : menyebabkan penyakit seperti TBC dan TYPUS
    Oleh sebab itu tenaga Kesmes sangatlah penting dalam membrikan Pemahaman terhadap masyarakat .sehingga masyarakat Lebih faham peranan mikroba itu sendiri.

    BalasHapus
  35. Apriyani
    17410001

    Menurut saya sebagai sarjana kesehatan masyarakat kita harus memberi edukasi bagi masyarakat dalam peranan mikroba,kita juga harus mengetahui mikroba yang menguntungkan maupun yang merugikan, Mengetahui cara pencegahan penyakit dan mampu mempublikasikan pada masyarakat agar masyarakat mampu mencegah penyakit dalam kehidupan sehari hari.

    BalasHapus
  36. MAYA DWI GUSTINA
    17410021

    1) menjaga kebersihan toilet dan lingkungan sekitar.
    2) makan makanan yang bergizi dan teratur.


    Materi penyuluhan :
    " MENJAGA DIRI DARI KEJAHATAN LINGKUNGAN DAN MENJAUHKAN DIRI DARI PENYAKIT MENULAR"

    BalasHapus