Minggu, 15 Oktober 2017

GIZI MAKRO DAN MIKRO

SELAMAT DATANG PADA E-LEARNING ILMU GIZI KELAS KONVERSI (POKOK BAHASAN : GIZI MAKRO DAN GIZI MIKRO)

SILAKAN MENGISI KEHADIRAN ANDA DI KOTAK KOMENTAR!
JANGAN LUPA MENGISI JAWABAN PERTANYAAN PADA SLIDE TERAKHIR PERKULIAHAN INI DI KOTAK KOMENTAR!

UNTUK MELIHAT MATERI, KLIK DI SINI!

21 komentar:

  1. NAMA : DWI ANGGARWATI
    NPM :17410036P
    HADIR

    BalasHapus
  2. NAMA : DWI ANGGARWATI
    NPM : 17410036P
    HADIR

    Penyebab terjadinya kekuranagn gizi mikro dan makro di masyarakat?
    Kurang gizi yang terjadi di masyarakat lebih sering terjadi pada anak-anak. untuk mengetahui hal tersebut, orang tua harus lebih memperhatikan berat dan juga tinggi badan pada anak, apakah termasuk dalam ukuran normal atau kurang dari ukuran tersebut.
    Selain itu, untuk mengatakan apabila tinggi badan anak tersebut mengalami pertumbuhan yang tidak normal atau kurang, hal ini dapat menjadi bukti bahwa anak tersebut tengah mengalami kurang gizi yang bahkan sudah berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama.
    Secara garis besar kekurangan gizi pada masyarakat disebabkan oleh :
    1. Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.
    2. Pola pengasuhan anak kurang memadai. Setiap keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik, mental dan sosial.
    3. Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistim pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan.



    BalasHapus
  3. Nama : Tri Yuliani
    NPM : 17410046P
    Hadir

    • Menurut anda apa sajakah penyebab kekurangan gizi mikro dan makro dimasyarakat :

    Penyebab terjadinya kekurangan gizi mikro dan makro banyak factor , yakni :
    1. Penyebab gizi kurang secara langsung dapat dari makanan dan penyakit. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetati juga dari berbagai penyakit. Oleh karena itu anak yang mendapatkan cukup asupan makanan tetapi sering mengalami sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian juga pada anak yang tidak memperoleh cukup asupan makanan, maka daya tahan tubuhnya menjadi lemah dan akan mudah terserang penyakit.
    2. Penyebab gizi kurang secara tidak langsung, ada tiga yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
    • Ketahanan pangan keluarga yang kurangmemadai, artinya keluarga diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam jumlah yang cukup baik maupun mutu gizinya.
    • Pola pengasuhan anak kurang memadai, artinya keluarga dan masyarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara fisik mental dan social
    • Pelayanan kesehatan lingkungan kurang memadai, artinya system pelayanan kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang membutuhkan
    Masalah kurang gizi makro utamanya disebabkan kekurangan asupan energy dan protein. Apabila terjadi pada wanita usia subur dan ibu hamil yang Kurang Energy kronis (KEK) adalah berat badan bayi yang baru lahir yang rendah (BBLR). Bila terjadi pada anak balita akan mengakibatkan maramus-kwashiorkor dan selanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah.. marasmus dan kwashiorkor dikenal dimasyarakat yaitu busung lapar.
    Masalah kurang gizi mikro yaitu kekurangan vitamin A, anemia gizi besi, dan gangguan akibat kurang yodium. Penyebab kurang zat besi adalah kurangnya daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sumber zat besi (asal hewani) dan pada wanita ditambah dengan kehilangan darah melalui haid atau persalinan.

    BalasHapus
  4. Nama : ERIKA DWI PERMANA
    NPM : 17410048P
    Hadir

    Jawaban:
    Gizi Makro : Dibutuhakan dalam jumlah besar, karbohidrat , lemak dan protein yang merupakan sumber energi pada manusia
    Gizi Mikro : Dibutukhan dalam jumlah kecil, vitamin dan minerla serta pengaktifan enzim pencernaan dalam tubuh manusia
    Masalah gizi makro adalah masalah yang utamanya disebabkan kekurangan atau ketidakseimbangan asupan energi dan protein. Manifestasi dari masalah gizi makro bila terjadi pada wanita usia subur dan ibu hamil yang Kurang Energi Kronis (KEK) adalah berat badan bayi baru lahir yang rendah (BBLR). Bila terjadi pada anak balita akan mengakibatkan marasmus, kwashiorkor atau marasmic-kwashiorkor dan selanjutnya akan terjadi gangguan pertumbuhan pada anak usia sekolah
    Gizi mikro (khususnya Kurang Vitamin A, Anemia Gizi Besi, dan Gangguan Akibat Kurang Yodium).
    Dapat disimpulkan bahwa penyebab kekurangan gizi makro dan mikro pada masyarakat adalah :
    1.Kuranganya Asupan Makanan yang bergizi, hal ini disebabkan karena seringnya mengkonsumsi makanan siap saji
    2.Terganggunya penyerapan makanan dan asupan makanan pada manusia yang mengalami kondisi sakit
    3.Kebutuhan ibu hamil atas zat besi yang meningkat, yang mana nantinya akan mempengaruhi konsisi janin
    4.Masalah Ekonomi seperti kemiskinan dan harga panen yang tidak terjangkau
    5.Perubahan Iklim, menyebabkan bahan pokok makanan yang kurang berkualitas
    6.Merokok dapat menyebabkan kekurangan vitamin B-12
    7.Produktivitas Pangan Yang rendah

    BalasHapus
  5. Nama : Ahlul Fikri Kurnia
    NPM : 17410033P

    Hadir


    Menurut anda apa sajakah penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat?

    Kurang gizi mikro Kurang gizi makro pada dasarnya merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan asupan energi dan protein. Masalah gizi makro adalah masalah gizi yang utamanya disebabkan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan asupan energi dan protein. Kekurangan zat gizi makro umumnya disertai dengan kekurangan zat gizi mikro.
    Penyebab Kurang gizi mikro Kurang gizi makro,
    Keluarga miskin
    Ketidaktahuan orang tua atas pemberian gizi yang baik bagi anak
    Faktor penyakit bawaan pada anak, seperti: jantung, TBC, HIV/AIDS, saluran pernapasan dan diare.

    BalasHapus
  6. Nama : Ade Debian
    Npm : 17410032

    Masalah gizi adalah gangguan pada beberapa segi kesejahteraan perorangan dan atau masyarakat yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya kebutuhan akan zat gizi yang diperoleh dari makanan. Zat gizi merupakan zat kimia yang terdapat dalam bahan makanan yang diperlukan manusia untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan tubuhnya dimana zat gizi dapat dikelompokan menjadi zat gizi makro (karbohidrat, lemak dan protein) dan zat gizi mikro.

    - Penyebab gizi kurang secara langsung dapat dari makanan dan penyakit. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit.0leh karena itu anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian juga pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.
    Tinggi rendahnya tingkat pendidikan ibu erat kaitannya dengan tingkat pengertian terhadap makanan, diperkirakan bahwa makin meningkatnya pendidikan yang biasa dicapai seorang ibu maka semakin membantu meningkatkan kesadaran dan pengertian akan pentingnya penggunaan pangan yang beraneka ragam dalam hidangan sehari-hari yang memenuhi cukupan energi untuk anak. Karena di dalam masyarakat penanganan makanan masih didominasi oleh ibu.
    Pola pengasuhan anak kurang memadai, artinya keluarga dan mayarakat diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara fisik, mental dan sosial.

    - Sedangkan masalah kurang gizi mikro yaitu kurang Vitamin A, Anemia Gizi Besi, dan Gangguan Akibat Kurang Yodium.
    Penyebab kekurangan zat besi adalah kurangnya daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi makanan sumber zat besi, terutama dengan ketersediaan biologik tinggi (asal hewan), dan pada perempuan ditambah dengan kehilangan darah melalui haid atau persalinan.

    BalasHapus
  7. Nama : Yuli yandara
    Npm : 17410047p
    Hadir

    1. Menurut anda apa sajakah penyebab kekurangan gizi mikro dan makro dimasyarakat :
    Jawab :
    Makro : menurut saya kurang nya asupan gizi makro yang terjadi di masyarakat karena kurangnya kesadaran masyarakat penting nya mengkonsumsi karbonhidrat,lemak dan protein yang cukup.ada 2 faktor

    faktor ekonomi bisa mempengaruhi daya beli masyarakat untuk mengkosnsumsi karbonhidrat,lemak,protein yang cukup sehingga masyarakat mudah terkena busung lapar akibat kurang nya konsumsi gizi makro.

    Faktor perilaku masyarakat mambiarkan putra putrinya membeli makanan atau jajan di sekolah di sembarangan sehingga putra putri bisa tekana cacingan.

    Mikro : yang terjadi di masyarakat akibat kurang nya gizi mikro kurang nya mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin serta kurangnya mineral yang diperlukan oleh tubuh manusia akibatnya jika manusia tidak mencukupin gizi mikro dapat terkena penyakit contoh kekurangan pigmen warna kulit yang tidak mengkonsumsi vitamin dan mineral yang cukup.

    BalasHapus
  8. Nama : Erita Meylani
    NPM :17410039P
    HADIR

    BalasHapus
  9. Nama : Santri Mareta
    Npm : 17410044P
    Hadir

    Penyebab terjadinya gizi kekurangan gizi makro dan mikro dibagi atas :
    a. Penyebab langsung : Makanan dan penyakit dapat secara langsung menyebabkan gizi kurang. Timbulnya gizi kurang tidak hanya dikarenakan asupan makanan yang kurang, tetapi juga penyakit. Anak yang mendapat cukup makanan tetapi sering menderita sakit, pada akhirnya dapat menderita gizi kurang. Demikian pula pada anak yang tidak memperoleh cukup makan, maka daya tahan tubuhnya akan melemah dan akan mudah terserang penyakit.
    b. Penyebab tidak langsung : Terdapat tiga penyebab tidak langsung yang menyebabkan gizi kurang yaitu :
     Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai. Setiap keluarga diharapkan
    mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh anggota keluarganya dalam
    jumlah yang cukup baik jumlah maupun mutu gizinya.

     Pola pengasuhan anak kurang memadai. Setiap keluarga dan mayarakat
    diharapkan dapat menyediakan waktu, perhatian, dan dukungan terhadap anak agar
    dapat tumbuh kembang dengan baik baik fisik, mental dan sosial.

     Pelayanan kesehatan dan lingkungan kurang memadai. Sistim pelayanan
    kesehatan yang ada diharapkan dapat menjamin penyediaan air bersih dan sarana
    pelayanan kesehatan dasar yang terjangkau oleh setiap keluarga yang
    membutuhkan.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama : Danang Virgiawan Pratama
    NPM : 17410034P
    Hadir

    Penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat disebabkan oleh kemiskinan yang terjadi di beberapa daerah karena masyarakat tidak bisa memenuhi kebutuhan asupan gizi seperti karbohidrat dan vitamin yang merupakan asupan penting bagi masyarakat, Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai, Pola pengasuhan anak yang kurang memadai seperti orang tua tidak memperhatikan tumbuh kembang si anak, Masyarakat yang belum memahami sistem pelayanan kesehatan yang ada sehingga pengetahuan masyarakat tentang gizi yang cukup belum terpenuhi.

    BalasHapus
  12. Nama : Erita Meylani
    NPM : 17410039P

    Menurut saya penyebab kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat adalah :

    Kekurangan gizi adalah suatu masalah gangguan kesehatan akibat kekurangan atau ketidakseimbangan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan, beberapa penyebabnya adalah.
    A. Kemiskinan
    Sebuah keluarga yang mempunyai penghasilan rendah tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi nya dengan baik sehingga berakibat pada ketidakseimbangan nutrisi pada keluarganya.
    B.faktor sosial dan budaya
    yang dimaksud disini adalah rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi bagi pertumbuhan anak. Sehingga banyak seorang anak diberi makan sekadarnya atau yang terpenting kenyang padahal makanan tersebut miskin gizi, atau terdapat pantangan untuk mengkonsumsi makanan tertentu padahal memiliki gizi yang tinggi karna budaya yang sudah turun temurun sehingga dapat mempengaruhi kekurangan gizi.
    C.faktor pendidikan
    Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya gizi, biasanya terjadi kepada masyarakat yang memiliki pendidikan relatif rendah, sehingga masyarakat kurang memahami pentingnya asupan gizi yang tepat.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama : Indah Rinfilia
    NPM : 17410041p
    Hadir

    Kekurangan gizi mikro dan kekurangan gizi makro pada dasarnya merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan asupan energi dan protein. Masalah gizi makro adalah masalah gizi yang utamanya disebabkan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan asupan energi dan protein.
    Penyebab kekurangan gizi makro dan mikro pada masyarakat antara lain seperti :
    - Pelayanan Kesehatan yang kurang memadai
    - Kuranganya Asupan Makanan yang bergizi
    - Penyerapan makanan dan asupan makanan yang mengalami gangguan/sakit
    - Kebutuhan ibu hamil atas zat besi yang meningkat, yang mana nantinya akan mempengaruhi kondisi janin
    - Kemiskinan

    BalasHapus
  16. Nama : Sam Hariyanto
    NPM : 17410043P
    Hadir Bu

    Menurut anda apa sajakah penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat?

    1.Masalah gizi makro adalah kurang atau tidak seimbangnya asupan karbohidrat, lemak dan protein dalam tubuh dengan jumlah besar.
    Hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain :
    a.Ketersediaan pangan di tingkat rumah tangga
    b.Faktor lingkungan masyarakat
    c.Kondisi dalam penyediaan air bersih
    d.Pelayanan kesehatan yang tidak memadai
    e.Faktor ekonomi dan sosial budaya seperti tingkat pendapatan keluarga yang kurang, jumlah anggota dalam keluarga serta pantangan makanan yang diberlakukan oleh adat istiadat tertentu dalam masyarakat.

    2.Masalah gizi mikro adalah kurangnya asupan jumlah vitamin dan mineral dalam tubuh yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun.
    Beberapa contoh penyebab terjadinya ketidakseimbangan vitamin dan mineral dalam tubuh antara lain:
    a.Penggunaan suhu yang terlalu panas dalam pengolahan makanan,
    b.Waktu memasak terlalu lama.
    c.Penggunaan air yang berlebihan
    d.Kurangnya zat besi dalam dalam tubuh

    BalasHapus
  17. Nama : fitroh cahyaningtyas
    Npm : 17410040P
    Hadir

    masalah kekurangan zat gizi makro dan mikro pada masyarakat adalah :

    1. Penyakit infeksi
    Seeorang yang terkena penyakit infeksi akan terganggu metabolismenya didalam tubuh, salah satunya adalah penyerapan gizi. Maka hal itu berpengaruh pada status gizi seseorang.

    2. Asupan gizi
    Asupan gizi yang kurang menjadi salah satu faktor langsung dalam masalah kurang gizi. Hal ini bisa disebabkan oleh pola makan dan pengetahuan yang salah tentang gizi.

    3. Ketersediaan pangan
    Ketersediaan pangan dalam suatu daerah sangat mempengaruhi status gizi masyarakatnya. Bila kurang, maka dipastikan status gizi masyarakatnya pun kurang.

    4. Sanitasi lingkungan.
    Secara tidak langsung, lingkungan mempengaruhi status gizi seseorang. Seseorang yang tinggal di lingkungan yang kotor akan mudah terkena penyakit infeksi, sehingga menyebabkan metabolisme dalam tubuhnya terganggu dan akhirnya penyerapan gizinya pun terganggu.

    5. Perilaku masyarakat
    Saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih konsumsi makanan cepat saji dibanding dengan makanan yang dimasak sendiri. Pada umumnya masyarakat kurang memahami dampak buruk dari terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, karena belum tentu makanan tersebut mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.Dalam hal ini faktor pengetahuan dan ekonomi sangat berpengaruh.

    BalasHapus
  18. Nama : ELVA NURYANTI
    HADIR…..
    Soal
    Penyebab trjadinya kekurangan gizi makro dan mikro?
    Jawaban
    Pengertian gizi makro adalah suatu zat yang diperlukan dalam jumlah besar oleh tubuh seperti karbohidrat,lemak,dan protein.
    Pengertian gizi mikro adalah suatu zat yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit seperti: vitamin dan mineral
    Jadi penyebab terjadinya kekurangan gizi makro sudah jelas karena kekurangan karbohidrat lemak dan protein.
    Sedangkan penyebab terjadinya kekurangan gizi mikro adalah karena kekurangan mineral dan vitamin.

    BalasHapus
  19. SUSMALINI
    NPM: 17410045P
    HADIR

    Apa penyebab kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat?

    Ada beberapa factor yang penyebab gangguan gizi:
    1.Faktor langsung
    Penyebab kekurangan gizi adalah yaitu tidak sesuainya jumlah asupan zat gizi yang diperoleh dari makanan dan kebutuhan tubuh mereka. Antara kecukupan gizi dan penyakit infeksi terdapat hubungan sebab akibat yang timbale balik sangat erat. Gizi yang buruk menyebabkan mudahnya terjadi infeksi dan sering meningkatkan kebutuhan akan zat gizi sedangkan biasanya nafsu makan menurun jika terjadi pennyakit infeksi, dapat mengakibatkan seseorang yang gizinya baik akan menderita gangguan gizi
    2.Faktor tidak lanngsung
    a. Ketidaktahuan akan hubungan makanan dengan kesehatan
    Dalam masyarakat sehari-hari sering terlihat keluarga yang sungguhpun berpenghasilan cukup akan tetapi makanan yang dihidangkan sederhana saja
    b. Prasangka buruk terhadap makanan
    Banyak makanan yang sesungguhnya bernilai gizi tinggi tetapi tidak digunakan secara terbatas akibat adanya prasangka yang tidak baik terhadap suatu makanan
    c. Adanya kebiasaan atau pantangan yang merugikan
    Berbagai kebiasaan yang bertalian dengan pantang makan makanan tertentu masih sering kita jumpai terutama daerah pedesaan
    d. Kesukaan berlebihan terhadap jenis makanan tertentu
    Kesukaan yang berlebihan terhadap suatu jenis makanan tertentu atau disebut faddisme makanan akan mengakibatkan kurang bervariasinya makanan yang akan mengakibatkan tubuh tidak memperoleh semua zat gizi diperlukan.
    e. Keterbatasan penghasilan keluarga
    Tidak dapat disangkal bahwa penghasilan keluarga akan turut menentukan hidangan yang disajikan untuk keluarga sehari-hari, baik kualitas maupun kuantitas makanan.
    f. Jarak kelahiran yang terlalu rapat
    Jumlah keluarga yang banyak akan mempengaruhi distribusi makanan dalam keluarga. Makin banyak anggota dalam suatu keluarga maka akan mempengaruhi pembagian makanan dalam keluarga tersebut.

    BalasHapus
  20. Nama :Desi Maya Lestari
    Npm : 17410035P
    hadir
    kekurangan gizi karena mineral mikro biasanya disebabkan oleh asupan gizi yang tidak seimbang dalam waktu yang lama, misal magnesium,calcium dll yang ada dalam unsur bahan makanan tertentu tapi bagi penderita tidak terpenuhi karena kemiskinan sehingga kebutuhan gizi karena mineral mikro tidak terpenuhi.
    Penyebab terjadinya kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat disebabkan oleh kemiskinan yang terjadi di beberapa daerah karena masyarakat tidak bisa memenuhi kebutuhan asupan gizi seperti karbohidrat dan vitamin yang merupakan asupan penting bagi masyarakat, Ketahanan pangan keluarga yang kurang memadai, Pola pengasuhan anak yang kurang memadai seperti orang tua tidak memperhatikan tumbuh kembang si anak, Masyarakat yang belum memahami sistem pelayanan kesehatan yang ada sehingga pengetahuan masyarakat tentang gizi yang cukup belum terpenuhi.

    Balas

    BalasHapus
  21. NAMA : INTAN KURNIA PUTRI
    NPM: 17410042P
    HADIR

    Apa penyebab kekurangan gizi makro dan mikro di masyarakat?

    Ada beberapa factor yang penyebab gangguan gizi:
    Faktor langsung
    Penyebab kekurangan gizi adalah yaitu tidak sesuainya jumlah asupan zat gizi yang diperoleh dari makanan dan kebutuhan tubuh mereka. Antara kecukupan gizi dan penyakit infeksi terdapat hubungan sebab akibat yang timbale balik sangat erat. Gizi yang buruk menyebabkan mudahnya terjadi infeksi dan sering meningkatkan kebutuhan akan zat gizi sedangkan biasanya nafsu makan menurun jika terjadi pennyakit infeksi, dapat mengakibatkan seseorang yang gizinya baik akan menderita gangguan gizi
    Faktor tidak lanngsung
    Ketidaktahuan akan hubungan makanan dengan kesehatan
    Dalam masyarakat sehari-hari sering terlihat keluarga yang sungguhpun berpenghasilan cukup akan tetapi makanan yang dihidangkan sederhana saja
    Prasangka buruk terhadap makanan
    Banyak makanan yang sesungguhnya bernilai gizi tinggi tetapi tidak digunakan secara terbatas akibat adanya prasangka yang tidak baik terhadap suatu makanan
    Adanya kebiasaan atau pantangan yang merugikan
    Berbagai kebiasaan yang bertalian dengan pantang makan makanan tertentu masih sering kita jumpai terutama daerah pedesaan
    Kesukaan berlebihan terhadap jenis makanan tertentu
    Kesukaan yang berlebihan terhadap suatu jenis makanan tertentu atau disebut faddisme makanan akan mengakibatkan kurang bervariasinya makanan yang akan mengakibatkan tubuh tidak memperoleh semua zat gizi diperlukan.
    Keterbatasan penghasilan keluarga
    Tidak dapat disangkal bahwa penghasilan keluarga akan turut menentukan hidangan yang disajikan untuk keluarga sehari-hari, baik kualitas maupun kuantitas makanan.
    Jarak kelahiran yang terlalu rapat
    Jumlah keluarga yang banyak akan mempengaruhi distribusi makanan dalam keluarga. Makin banyak anggota dalam suatu keluarga maka akan mempengaruhi pembagian makanan dalam keluarga tersebut.

    BalasHapus